7/21/2014

Persaingan Usaha/Bisnis



Dalam pelaksanaan suatu usaha atau bisnis kita akan menemui adanya persaingan antar pelaku usaha atau bisnis yang ada. Menurut Kotler (1979) ada empat tingkat persaingan, yaitu:


  1. Persaingan merek.
Persaingan merek terjadi apabila suatu perusahaan menganggap para pesaingnya adalah perusahaan lain yang menawarkan produk barang dan jasa yang serupa pada pelanggan yang sama dengan harga yang sama. Misalnya: Rinso dengan daia, surf atau attack

  1. Persaingan (pesaing) industri
Terjadi apabila suatu perusahaan menganggap para pesaingnya adalah semua perusahaan yang membuat produk atau kelas produk yang sama, misalnya persaingan antara perusahaan. Misalnya: Indofood bersaing dengan wingsfood dan garudafood

  1. Persaingan bentuk
Terjadi apabila suatu perusahaan menganggap para pesaingnya nadalah semua perusahaan yang memproduksi produk yang memberikan jasa yang sama. Misalnya unilever sebagai produsen rinso tidak hanya bersaing dengan produsen bubuk deterjen tetapi juga dengan produsen sabun colek (krim) dan sabun batangan.

  1. Persaingan generik
Terjadi apabila suatu perusahaan menganggap para pesaingnya adalah semua perusahaan yang bersaing untuk mendapatkan rupiah konsumen yang sama. Misalnya produsen bubuk deterjen akan merasa bersaing dengan produsen sabun mandi, shampoo dan pasta gigi.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya. Anda bisa memberi komentar, kritik atau saran pada form di bawah ini.