Dalam pelaksanaan suatu usaha atau bisnis kita akan menemui adanya persaingan antar pelaku usaha atau bisnis yang ada. Menurut Kotler (1979) ada
empat tingkat persaingan, yaitu:
- Persaingan merek.
Persaingan merek terjadi apabila suatu perusahaan menganggap para
pesaingnya adalah perusahaan lain yang menawarkan produk barang dan jasa yang
serupa pada pelanggan yang sama dengan harga yang sama. Misalnya: Rinso dengan
daia, surf atau attack
- Persaingan (pesaing) industri
Terjadi apabila suatu perusahaan menganggap para pesaingnya adalah semua
perusahaan yang membuat produk atau kelas produk yang sama, misalnya persaingan
antara perusahaan. Misalnya: Indofood bersaing dengan wingsfood dan garudafood
- Persaingan bentuk
Terjadi apabila suatu perusahaan
menganggap para pesaingnya nadalah semua perusahaan yang memproduksi produk
yang memberikan jasa yang sama. Misalnya unilever sebagai produsen rinso tidak
hanya bersaing dengan produsen bubuk deterjen tetapi juga dengan produsen sabun
colek (krim) dan sabun batangan.
- Persaingan generik
Terjadi apabila suatu perusahaan
menganggap para pesaingnya adalah semua perusahaan yang bersaing untuk
mendapatkan rupiah konsumen yang sama. Misalnya produsen bubuk deterjen akan
merasa bersaing dengan produsen sabun mandi, shampoo dan pasta gigi.
No comments:
Post a Comment
Terima kasih atas kunjungannya. Anda bisa memberi komentar, kritik atau saran pada form di bawah ini.