12/11/2011

Evaluasi Keputusan Investasi


     Dalam keputusan investasi hanya ada dua alternatif, yaitu menerima atau menolak usulan investasi. Untuk mendapatkan keputusan investasi yang tepat perlu dilakukan evaluasi terhadap usulan investasi. Metode untuk mengevaluasi usulan dalam rangka pengambilan keputusan investasi tersebut antara lain:
  1. Average Rate of Return (ARR) atau Return on Investment (ROI) merupakan rasio antara laba setelah pajak terhadap investasi. Metode ARR mendasarkan pada laba dari akuntansi dan bukannya aliran kas.
  2. Payback Period (PP). Menunjukkan berapa lama (jangka waktu) yang disyaratkan untuk pengembalian initial cash invesment (investasi). Atau rasio antara initial investment dengan net cash flow.
  3. Internal Rate of Return (IRR).
  4. Net Present Value. Merupakan tolok ukur keuangan usaha (investasi yang ditanamkan) agar didapat hasil analisa yang setara pada tahun sebelum maupun sesudahnya.
  5. Profitability Index (Pi). Salah satu tolok ukur yang memperbandingkan present value kas masuk dengan present value kas keluar pada penggunaan discount rate tertentu.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya. Anda bisa memberi komentar, kritik atau saran pada form di bawah ini.